Warung Sabar

Enjoyable Bali – Warung Sabar Amed

Pemiliknya sangat ramah. Setiap tamu dianggap benar benar seperti orang bertamu ke rumahnya. Makanan enak dengan porsi besar. Bahkan pemiliknya sangat helpful.

Trip Advisor tidak menunjukkan lokasi tepat dari warung yang menduduki peringkat 8 dari 50 resto di Amed pada waktu itu. Oleh karena itu saya telpon saja nomor yang muncul di situs TA. Pemilik mengangkatnya dan memberitahu lokasi kira-kiranya, bahkan… menawarkan diri untuk menjemput kami di Puri Wirata.

Sebelum menyusuri Amed kami makan siang dulu di Warung Sabar. Anak-anak makan sosis dan fries, sedangkan istri nasi campur dan saya pilih babi kecap. Siang itu kami makan dengan lahap dan kenyang, mengingat malam sebelumnya kami kecewa dengan restoran The Grill. Malam hari pun demikian. Setelah menikmati Sunset di Tulamben, saya pergi sendiri kembali ke Warung Sabar dan membeli beberapa menu untuk take away karena anak-anak sudah capek setelah bermain dipantai.  Saat saya menunggu pesanan selesai dimasak, malam itu Warung Sabar kedatangan banyak tamu bule, dan hanya saya turis domestik sendirian. Menurut pemilik, memang tidak banyak orang Indo yang datang ke Amed.  Kebanyakan mereka memilih Bali Selatan, karena dekat dengan obyek wisata dan keramaian daripada ke Bali Timur yang jauh.

Lokasinya Warung Sabar ada di 8°20’59.3″S 115°40’51.4″E

Di hari terakhir setelah check out Puri Wirata, kami makan siang terlebih dahulu di Warung Sabar. Dan saya terpikir untuk minta tolong hal yang tidak umum. Saya minta bantuan ke pemilik apakah dia memiliki pembersih mobil yang bisa menghilangkan goresan. Ya… mobil sewaan memang tergores tipis oleh stang motor, dan saya ingin membersihkannya. Dengan tanpa ragu-ragu, Pak Ketut si pemilik bilang kalau dia akan pulang ke rumah dan mengambilkan perlalatan poles mobil. Dia pun pergi naik motor. Selagi dia pergi, saya buru-buru menghabiskan nasi goreng, supaya saya punya cukup waktu untuk menggosok mobil sekembalinya Pak Ketut.  Tidak lama kemudian, dia pun kembali dengan sekeranjang pembersih dan lapnya. Tidak  berhenti disitu, dia juga ikut menggosok. Karena sungkan dan merasa tidak pantas, saya memaksa untuk melakukannya sendiri. Menurut saya, bantuan dia sudah lebih dari cukup. Akhirnya percakapan terjadi dan lebih kenal tentang bagaimana dia hidup di Amed dan bagaimana dia membuka warung ini. Mobilpun akhirnya kinclong kembali dan goresan tersamarkan.

Dari kejadian itu, tidak heran kalau review di Trip Advisor banyak menyebutkan kalau pemilik/staff di Warung ini ramah. Tidak hanya ramah tapi suka membantu.

Mungkin tempat ini adalah tempat yang terbaik untuk mendapatkan makanan enak yang value for money di Amed. Link Trip Advisor, klik saja http://www.tripadvisor.co.id/ShowUserReviews-g608478-d4104406-r160777062-Warung_Sabar-Amed_Abang_Bali.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *