img_22671

Museum Nasional, Jakarta

Masuk ke Museum Nasional mengingatkan kalau Indonesia begitu besar dan luar biasa kaya akan sejarahnya. Ini membuat saya sejenak lupa dengan kegaduhan parpol, saling serang polisi dan KPK dan komentar-komentar sok tahu pengamat tentang pemerintahan.

Letaknya persis di depan halte busway Monas arah ke Harmoni. Ada dua gedung, lama dan baru. Gedung baru punya 4 lantai eksibisi yang disusun berdasarkan tema seperti jaman prasejarah, jaman kerajaan hindu beserta prasastinya, pengetahuan, perhiasan emas dan keramik.

View Monas dari lantai 4 gedung baru

Penataan gedung baru membawa kesan kalau Museum ini sedang dimodernisasikan. Tidak hanya dengan AC yang lebih sejuk, tapi juga lantai bagus dan tata pencahayaan yang jauh lebih baik. Kontrasnya bisa dilihat di gedung lama, persis disebelahnya. Yaitu gedung satu lantai memanjang kebelakang dengan beberapa ruangan berisi benda-benda adat mulai dari suku batak, jawa, asmat (dan banyak lagi, tidak ingat satu-satu). Kami melihat alat-alat ritual, alat musik, patung dan pakaian adat yang ada di Indonesia. Di sisi gedung ini juga arca-arca dari batu. Menurut kami, museum ini menarik karena bisa belajar sedikit tentang isi Indonesia yang kaya akan budaya. Dan jelas budaya asli selalu berkaitan dengan agama asli suku-suku Indonesia: anismisme dan dinamisme. Beberapa tempat memang terasa spooky, tapi itu perasaan saja.

Kid’s Corner: Meja untuk mewarnai dan membatik

 

Museum ini juga memperhatikan edukasi sejarah untuk anak-anak. Ada Kid’s Corner yang letaknya di gedung baru. Satu ruangan besar penuh warna dengan berbagai macam mainan masa kecil kita. Sebut saja dakon, bekel, gasing, lompat petak dan kuda lumping. Semua bisa dimainkan disana. Kalau ada pengajar, maka anak-anak juga bisa belajar membatik. Selain itu, ada tempat beraktivitas mewarnai, dengan crayon atau mengecat kendi dengan cat air (kendi bisa dibawa pulang sebagai suvenir). Main angklung dan pertunjukan boneka juga ada.

Aktivitas: Mewarnai kendi, dakon/congklak, lompat petak

Diujung Kid’s Corner ini ada photo booth dan disediakan berbagai macam baju daerah ukuran anak-anak untuk dipakai foto.

Photobooth: Pakai baju daerah gratis. Foto pakai kamera sendiri.

Semua eksibisi dan fasilitas Kids’s Corner sudah termasuk dalam tiket masuk. Dewasa Rp. 5000 dan anak Rp. 2000, murah sekali kan?. So, Museum Nasional bisa jadi tujuan keluarga.

Dan harusnya anggota DPR dan Parpol juga mesti wisata kesini biar kembali “anchored” ke tujuan awal mereka duduk di DPR dan tidak rame sendiri.

Salam dari Museum Nasional, Jakarta

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *