04. Makanan

Tips ini lebih tepatnya jika kita traveling ke luar negeri. Maklum mata uang kita nilainya rendah, sehingga diluar Indonesia pada umumnya lebih mahal. Terkait dengan makanan, berikut ini beberapa tips untuk mensiasati pengeluaran selama traveling bersama keluarga, khususnya ke luar negeri.

  1. Bawalah rice cooker. Perut kita ini sudah dibiasakan dengan nasi, dan nasi menjadi sumber energi kita untuk bisa pergi kemana-mana. Dengan rice cooker kita tinggal memberi beras dengan kemasan kecil yang biasa dijual di minimarket. Kalau nasi sudah ada, kita bisa tinggal beli lauk saja.
  2. Saat beli lauk, beli porsi yang besar (ukuran sharing), walaupun harga bisa jadi mahal, tapi bisa jadi valueable kalau bisa dinikmati oleh semua anggota keluarga, apalagi bisa juga dimakan 2x.
  3. Kalau anak masih baby (dibawah dua tahun) dan butuh makanan khusus, bawalah makanan atau biskuit atau bubur instan yang dia sering makan. Ini supaya kebutuhan dasar dia juga terpenuhi.
  4. Anak saya susah makan kalau sedang diluar rumah. Awalnya saya bingung sendiri karena takut kalau dia sakit/masuk angin karena tidak makan. Yang saya pelajari dari keluarga kami yang di Jerman, kita seharusnya tidak perlu khawatir. Kalau anak tidak mau makan nasi, tawarkan roti. Kalau tidak mau roti, tawarkan buah. Kalau tidak mau buah, tawarkan susu. Biasanya mereka tidak akan menolak susu. Jadi bawalah backpack berisi, roti, buah dan susu.
  5. Untuk penghematan lebih jauh lagi bawa saja kompor elektrik. Hari ini banyak dijual kompor induksi portabel. Hanya saja tingkat kerepotan bertambah karena kita juga bawa peralatan masak dan bahan mentah praktisĀ (mis. mi instan). Tips ini bisa jadi relevan kalau kita sebenarnya ingin camping bersama keluarga, tapi camping di hotel :). Waspada saja dengan daya listrik di hotel, jangan sampai jeglek karena kita pakai kompor listrik 2000 watt.

Mengakhiri tips ini, mungkin ada rasa malu dengan hotel kalau mereka melihat kita bawa rice cooker atau alat masak portabel. Selain rasa malu, mungkin juga khawatir melanggar peraturan tidak tertulis di hotel. Jadi pastikan saja alat-alat itu disimpan di koper lalu dikunci sebelum kita meninggalkan kamar, karena kamar selalu dibersihkan tiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tulisan tentang jalan-jalan yang seru. Ada yang ditulis dan diketik, tergantung keberadaan stylus. Kalau Misael dan Sky sudah besar, mereka bisa baca pengalaman masa kecilnya.