05. Laundry

Bayangkan kalau kita traveling bersama anggota keluarga selama dua minggu di luar negeri atau kemanapun. Berapa banyak baju kotor per hari yang akan kita kumpulkan? Apakah kita mau bawa baju spare sebegitu banyak?.

Hukum pertama tentang Koper saat berpergian berbunyi “berat koper waktu pulang lebih besar pada saat berangkat”.

Untuk itu kita perlu mensiasati berapa baju yang dibawa sehingga tidak memberatkan koper karena ini terkait dengan kerepotan yang diakibatkan, apalagi sudah berat sejak waktu berangkat. Tips berikut menjabarkan bagaimana kami mensiasati kebutuhan baju bersih selama liburan tanpa harus membawa baju berlebih dengan hemat, bahkan tidak keluar uang sama sekali.

Cara hemat adalah menemukan laundry service disekitar hotel. Pastikan kalau laundry servicenya bisa menyelesaikan cuci setrika dalam satu hari yang sama. Syukur-syukur ada tempat laundry yang kita bisa kerjakan sendiri. Kalau sampai butuh lebih dari 2 hari lebih baik jangan.

Nah kalau tidak ada laundry service seperti itu, berikut ini cara gratis. Yaitu dengan mencuci baju sendiri. Ini tipsnya:

  1. Masukan hal-hal ini dalam packing list: 10 hanger baju single, 1 hanger baju melingkar (tidak tahu apa nama teknisnya) yang biasa dipakai untuk jemur pakaian dalam atau pakaian bayi, deterjen cair yang kuat dan plastik vakum untuk memampatkan pakaian (ada di Ace Hardware)
  2. Kalau kamar hotel yang kita tinggali punya bath tub. Gunakan bath tub untuk merendam cucian. Cloth line atau curtain railing bisa kita gunakan untuk nyantolin hanger
  3. Kebanyakan kamar standar hotel hanya menggunakan standing shower, lalu bagaimana merendam pakaian. Gunakan plastik vakum untuk merendam. Jangan khawatir plastik vakum punya kekuatan yang besar.
  4. Rendam pakaian lebih lama untuk mempermudah mengucek.
  5. Cuci baju 2 hari sekali, supaya tidak terlalu banyak dan menyulitkan karena tempat menjemur bisa jadi terbatas.
  6. Bilas cucian di bawah shower atau ganti air bathtub lalu peras sekencang-kencangnya.
  7. Kalau kita tinggal di resort, mengeringkan baju adalah hal yang mudah karena tiap kamar kebanyakan punya balkon. Kalau hanya tinggal di kamar hotel, keringkan baju dengan udara kering dan dingin. Setel AC ke paling dingin dan fan speed kencang. Gantung pakaian di tempat udara dingin mengalir.
  8. Catatan safety, mungkin masih ada air yang menetes pada saat pakaian digantung walaupun sudah diperas kencang-kencang. Untuk menghindari terpeleset, taruh saja keset handuk dibawahnya.
  9. Ada banyak tempat gantungan di kamar hotel saat kita punya hanger. Contohnya, tepi meja atau kursi, stand lampu, kisi-kisi AC atau apapun itu dimana hanger bisa digantung
  10. Terakhir, kita butuh sabar untuk menunggu sampai kering kalau baju cuman ditaruh di kamar dengan AC. Jadi kalau kita keluar kamar, pasang saja “DO NO DISTURB”. Minta hotel untuk membersihkan kamar sewaktu kita sudah kembali lagi. Tentu saja pada saat itu pakaian sudah lebih kering dan bisa disembunyikan di lemari untuk sementara waktu sampai house keeping selesai membersihkan kamar.

Memang terdengar sangat ribet tapi ini sangat membantu terlebih lagi saat kita sudah kembali pulang.

Hukum kedua tentang koper berbunyi “Koper berisi pakaian kotor saat pulang menambah beban pekerjaan selain membersihkan rumah”

Saya ingat satu hal dan mungkin ini benar. Kami lakukan ini karena tidak ada pembantu dirumah. Jadi kalau dirumah kamu ada pembantu (apalagi banyak), maka tips diatas tidak berlaku.

Sometimes creative idea kicks-in when kepepet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tulisan tentang jalan-jalan yang seru. Ada yang ditulis dan diketik, tergantung keberadaan stylus. Kalau Misael dan Sky sudah besar, mereka bisa baca pengalaman masa kecilnya.