06. Fotografi

Ini hal yang juga penting untuk punya foto-foto terbaik selama liburan. Karena itu oleh-oleh dari sepanjang liburan yang bakal diingat dan dishare. Simple tips untuk foto:

  1. Bawalah tripod yang pas untuk kamera kamu. Bawalah yang paling ringan yang kamu punya.
  2. Kalau kamu pakai kamera mirrorless atau DSLR, jangan lupa bawa flash external. Ini sangat berguna kalau foto di terik matahari atau saat sunrise/sunset untuk mendapatkan semua obyek tajam.
  3. Kalau kamu pengguna DSLR, selalu bawa filter GND (=graduated ND) supaya background foto bagus dan terekspos dengan baik.
  4. Bersihkan dulu memory card sebelum berangkat.
  5. Kalau kamera punya fasilitas untuk memberikan filename prefix, atau create folder, pakai itu untuk sedikit mengorganize file untuk memudahkan pencarian atau pengelompokan waktu didownload.
  6. Jangan ambil foto pose melulu, candid juga.
  7. Saat kamu setting kamera untuk foto, biarkan istri/suami dan anak-anak kamu main dan kasih tahu kalau sudah ready.
  8. Kalau ada fasilitas di kamera. Saat foto dengan timer jangan ambil hanya satu foto, tapi ambil banyak foto sekaligus. Dan poselah beberapa kali saat kamera motret. Ambil foto sekaligus memudahkan untuk memilih foto terbaik.
  9. Terakhir, kalau kamu mengandalkan kamera HP, jangan lupa untuk segera save foto itu ke cloud (dropbox/google drive/anything).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tulisan tentang jalan-jalan yang seru. Ada yang ditulis dan diketik, tergantung keberadaan stylus. Kalau Misael dan Sky sudah besar, mereka bisa baca pengalaman masa kecilnya.